Benarkah Android boros pulsa?


Banyak keluhan terdengar dari para pengguna yang baru menggunakan android bahwa hp android boros pulsa. benarkah?

secara logika memang wajar bila mahal, karena untuk digunakan secara maksimal, android haruslah selalu terhubung dengan jaringan internet.

belum lagi update otomatis aplikasi aplikasi android yg terjadi di belakang layar, maka jangan heran jika pulsa telefon anda tiba tiba membengkak, atau bagi pengguna pra bayar, pulsa sangat cepat sekali menguap. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

sebenarnya di tiap tiap hp android ada pengaturan untuk lalu lintas data internet yang bisa di on off kan.

lJika anda ingin hemat pulsa, off kan saja lalu lintas datanya. Jika ingin browsing baru anda on kan lagi. Kekurangannya, hp anda dapat digunakan, tetapi kurang maksimal, mengingat keunggulan android justru pada jaringan internetnya.

Pada dasarnya besarnya pulsa pada penggunaan hp android sama dengan penggunaan pulsa bb, namun belum ada penjualan bundling pulsa untuk android.Sehingga para pengguna android banyak yang menyarankan untuk penggunaan pulsa internet yang unlimited. Dengan pulsa unlimited, hp anda akan berfungsi maksimal, tanpa harus was was memikirkan pulsa.

Tiap tiap operator sekarang memiliki layanan pulsa internet unlimited. Tetapi tentu saja harga tiap tiap operator berbanding lurus dengan kualitas jaringan yang didapatkan.
Kembali kepada anda untuk memilih. :)

95 thoughts on “Benarkah Android boros pulsa?

    • Wah, nambah lagi satu informasi. Baek bgt ya nexian :). Btw itu berlaku pake Operator selular manapun ya mas? :D
      Makanya, mudah mudahan setahun lagi biaya internet mobile di indonesia sudah jauuuuuhh lebihhh murah mas, hehe *tampang ngarep*. ;)

  1. wah ane jadi mikir 2 kali karna pulsa ane 3 minggu baru diisi lagi.. jadi boros ntar duitnya… trus cara on offin koneksinya gimana biar ga boros pulsa??

    • Memang termasuk mahal sih pulsanya, tapi skrg ada bundling pulsanya Telkomsel-Samsung galaxy mini, pake pulsa unlimited 50rb/bulan. Mayan kan? hehe

      Di tiap hp android pasti ada pengaturan data. Kalau mau onlen di ‘on’ dan kalau mau offline di ‘off’ …

      • mbak gmn sih cara on off traffic internet di x10 mini pro, 1bln yg lalu gw beliin anak hp itu.. jd bengep gw krn uang sakunya naik 3x lipat buat pulsa gara2 hpnya online trs….

      • Halo mas phaksy. Penyetelan internet di x10 mini pro tergantung seri androidnya.
        Bila masih menggunakan android ver 1.6 (donut) anda bisa baca lagi artikel di atas.

        Tapi jika sudah diupgrade ke android ver 2.1 (eclair) anda bisa melakukan hal sbb : masuk ke SETELAN—NIRKABEL DAN JARINGAN—JARINGAN MOBILE—‘LALU LINTAS DATA (tinggal hapus tanda centangnya)

        Bagaimana membedakan os adalah donut atau eclair? Anda lihat dari cara telefon di kunci. Apakah membuka kuncinya masih melalui tombol bagian atas hp? Jika ya, berarti masih menggunakan donut. Mengapa? Karena eclair kunci tsb sudah terintegrasi virtual melalui layar.

        Semoga membantu :)

  2. gimana cara nya ya kalo mo setting offline internetnya di samsung galaxy s5570 ???
    apakah hrus di ubah dlu ke 2G ? atau apa??

    • Menurut pengalaman saya ada pengaturan lalu lintas data di tiap tiap hp android. Dari situ apabila lalu lintas data dimatikan otomatis kita tidak terkoneksi internet. Coba agan lihat lihat lagi di PENGATURAN atau SETELAN hp anda.

      Untuk samsung galaxy mini bukannya sudah HSDPA 3G?. Saya kurang tahu kalau bisa di downgrade ke 2G :)

      Untuk Samsung ada komunitasnya di http://www.android-indonesia.com, silakan agan login ke sana, dan bisa berinteraksi dengan pengguna samsung android lainnya.

      terima kasih agan, semoga membantu :)

    • Waktu saya SMP dulu, Kebutuhan internet belum terasa signifikan. Kenapa? karena edukasi kurang. Kenapa edukasi kurang? karena biaya internet sangat mahal. Saya ingat ketika main internet di warnet satu-satunya yang bisa saya temui (waktu itu indonet), satu jamnya bisa lima belas ribuan! Wajar kalo saya hanya sanggup maen internet seminggu sekali selama satu jam.

      Sekarang kebutuhan akan internet sangat meningkat. Kenapa meningkat? karena biaya internet semakin murah. Satu jam bisa dapet 3000 rupiah doang! Ini juga terlihat dari menjamurnya warnet di berbagai tempat, meningkatnya penjualan Blackbery, dan sekarang Android. Saya malah mahfum pelajar pelajar jaman sekarang memiliki media refreshing baru selepas sekolah : surfing internet!

      Bisa anda bayangkan kalau biaya internet makin dipermurah? ketergantungan masyarakat akan internet akan semakin tinggi. Dan apa yang terjadi bila ketergantungan akan semakin tinggi? ya,.. berarti ga akan bisa jauh jauh dari jaringan internet kan? hehe

      Saya pernah pergi liburan, dan sembari iseng menunggu teman apa yang saya cari? Warnet!

      Jangan khawatir bisnis warnet mati gara gara harga internet makin murah.
      teori saya justru sebaliknya :D
      Sama seperti air. Meskipun di rumah jumlahnya melimpah, toh bila di jalan kita masih mengantongi Aqua. :D

      regards!

  3. hy k’ saya mao tanya tntang Kakao talk cara kerjanya sperti apa,..? apa bisa U/ chat dengan Black bery mesengger ya,..

    • Enjoy free group or one-to-one chats anywhere in the world

      KakaoTalk is a phone number based messenger service that allows iPhone and android users anywhere in the world to chat one-to-one or in a group for free.
      Message arrivals are instantly notified with Push Alert and you can send various multimedia such as pictures, videos, and contact telephone number.
      Enjoy KakaoTalk with your friends, colleagues, and family and experience the world of multimedia chatting.

      Jadi jelas, kakao talk bisa digunakan untuk komunikasi iphone dan Android. Namun Belum jelas bisa ngobrol dengan BBM atau enggak. Tapi kalau kamu pengguna android dan ingin chatting dengan pengguna BB pake pingchat saja. Kamu cuma perlu bikin nama ping dan langsung bisa chatting dengan pengguna BB (asalkan yg punya BB juga menginstall pingchat)

      semoga membantu :)

  4. alo mbk naiaaa,, mw tanya X10 mini pro yg pake android v1.6 bisa di upgred ke androiid froyo ya mbk?? caranya gimana mbk?

    • Halo :D
      SE x10mp yang masih ver.1.6 (donut) sudah bisa diupgrade ke ver 2.1 (eclair). Tapi untuk froyo tidak bisa (kecuali soner berubah pikiran)

      Kalau agan mau upgrade ke eclair ada 2 cara. Yang pertama agan ke soner centre, terus pasrahkan hp agan ke mas2 atau mbak2 yg ada di sana untuk diupgrade.
      Kedua, agan bisa upgrade secara manual. Hubungkan hp anda ke pc, lalu install dulu PC COMPANION. Setelah diinstal, agan baru bisa melakukan upgrade. Waktu saya mengupgrade sendiri (karena soner centre tidak ada di Palembang) saya memerlukan waktu kurang lebih satu jam, dan ini tergantung dari jaringan internet pc/laptop anda.

      Oh iya, jgn lupa agan backup dulu sebelum mengupgrade OS. Gimana cara backup? Saya serahkan agan buat gugling sendiri.

      Semoga membantu :)

  5. ada yg bilang android bisa di pake kya sejenis BBMan gt?
    emang carnya gmn y…?
    sayang blm ada paket pulsa khusus bwt android yakkk

    • Di Market Android ada banyak platform untuk BBM an. Dua yang biasa dipakai namanya PINGCHAT dan KAKAO Talk. Tinggal cari di Market, terus diinstall ke Android kita.

      setelah diinstall sudah bisa digunakan (ikutin aja langkah-langkah petunjuknya buat pendaftaran )

      tetapi seperti pingchat misalnya, supaya bisa chatting dengan BB, hp BB nya juga harus menginstall pingchat. Jadi udah bisa deh Android-BB chatting mengirim gambar dll layaknya BBM an :)

    • Wah kalau soal ngubah alamat gmail di Samsung Galaxy Mini saya kurang tau. Tapi pada Android saya (saya pakai sony ericsson) kalau kamu lepas baterai, dan kamu pasang lagi, ketika restart akan ditanya kembali tentang alamat gmail kamu. Ubah aja di situ.

      Cara log out gmail?
      Setahu saya kalau restart hp android selalu memerlukan alamat gmail. Itu yang ditanya duluan. Jadi ketika hp nya jalan, Androidnya udah mengingat kamu di alamat gmail yang itu. Selama kamu ingin menggunakan hp android full function gmailnya ga bisa di log out,…

      itu sepengetahuan saya ya. Kalau kamu ingin penjelasan lebih lanjut, boleh dicoba ke http://www.android-indonesia.com. Disitu ada komunitas khusus untuk Samsung Android.

  6. Wah.
    Thx bgt k’
    Dah jelasin’a

    Mau tny lg k’
    Klo logout d tweetcaster gmana ia? ?

    Twitter dr aplikasi apa za yg bsa d logout, khusus android

  7. Semuanya bisa di log out kog,.. coba lihat di settings nya tweetcaster. Di situ ada pilihan apakah kamu mau online terus atau enggak. Begini caranya :

    Settings terus ke notifications. Matikan SEMUA NOTIFYNYA.

    balik lagi ke settings terus ke refresh. MATIKAN AUTO REFRESHNYA.

    jadi kamu bisa sign in kalau lagi ada waktu saja.

    semoga membantu yah ^___^

  8. wah mba,senang sekali baca artikel ini,,jd byk tau deh,,kebetulan sya bru beli samsung tab,
    mba klo untuk skype nyq gimana.??bgus ga dr samsung tabs
    mksih

    • Skype sudah bisa di unduh di market khusus untuk device tertentu, kebetulan galaxy tab support untuk skype. Tapi setelah saya tanya bbrp teman yg pakai samsung tab rata-rata tidak menggunakan skype krn alasan2 sbb :
      – Proses mengunduh tidak sukses
      – Sukses mengunduh tetapi menggunakan memori yang sangat besar. Tab menjadi berat sehingga belum digunakan sudah dihapus.
      – Digunakan, tetapi ternyata kualitas suaranya tidak seperti yg diharapkan.

      Jadi kesimpulan yang saya dapatkan langsung dari pengguna tab seperti itu. Semoga membantu :)

    • Hai huda ^__^. Kalau firmware 2.1 update berarti hp kamu sudah diupgrade ke eclair (android 2.1) , krn sebelumnya x10 mini pro mmg memakai donut (ver 1.6).

      • Lihat di setelan, tarik paling bawah ada info, ketuk, dan ada tulisan versi firmware. Kalo 2.1 update, berarti udah eclair. Semoga membantu yah :)

  9. saya bingung, saya di suruh milih beli blackberry atau hp android??
    sebenernya saya maunya blackberry karena ada BBM nya .
    saya mau nanya klo android bisa chatting ke bbm ga??

  10. Hai Ben, terima kasih sudah mampir. Bb atau android? terserah kamu, dua-duanya bagus kog. Tetapi kalau kamu mengincar BBM, itu cuma ada di BB.

    Android memang tidak punya BBM, dan tidak bisa chatting melalui BBM. Tapi punya whatsapp, gtalk, ym, pingchat, kakao talk, dll. Bisa chatting ke semua platform-termasuk BB.

    Gambarannya gini deh. Saya kemarin baru menginstall whatsapp di Android saya. Dan saya minta teman saya yang punya BB untuk menginstall. tetapi dia tidak mau. Takut BB nya berat, katanya.

    Saya minta teman lain yg punya BB untuk menginstall pingchat. Tetapi lagi-lagi takut BB nya berat.

    padahal whatsapp bisa digunakan untuk chatting di semua jenis operating system (symbian, iphone, BB, Android)

    Android lebih aplikasi friendly.
    BB lebih BBM an friendly.
    ^____^”

  11. waah.. keren bannget infonya mbak, aku ada niat mau beli se xmini pro, cuma masi buta banget soal android.. sistem pulsa di android harus paketan seperti bb ya ? bisa gga kalo sistem pulsanya normal aja, kaya hp biasa?

    • Hai Arina! Syukur kalau infonya berguna :-)
      Jadi inget waktu pertama kali saya pakai Android, saya menggunakan kartu halo saya, pake pulsa biasa.

      Dan hasilnya,..jeng jeng! Tagihan melonjak 3 kali lipat! Hehe. Keder juga.

      Kenapa mahal? Krn ketika Android kita aktif, lalu lintas datanya aktif, semua aplikasi otomatis berjalan sendiri. Apalagi bila aplikasinya banyak yg real time seperti fb, twitter, ym, gtalk, email, dll, dll. Aplikasi2 tsb terus menerus memperbaharui data lewat internet supaya info yg kamu dapatkan tetap up to date.

      Alhasil jika aplikasi2 terus berjalan = layanan data berjalan = pulsanya berjalan. Itulah sebabnya saya tidak menyarankan penggunaan pulsa biasa buat Android.

      Paket unlimited paling melegakan. Karena bayar satu harga kamu udah bisa jungkir balik puas bgt pake Android kamu dan siap-siap buat addicted :-D

      Akhir2 ini operator selular mulai menaruh hati pd Android. Bbrp malah sudah mengeluarkan bundling pulsa khusus Android. Yg bikin ngiler adalah bundling telkomsel-samsung galaxy mini yg pulsa unlimitednya 50rb / bulan.

      Atau kamu bisa tanya operator selular lainnya buat pulsa unlimited.

      Untuk X10 mini pro sepertinya ada bundling pulsa unlimited dengan 3.

      X10 mini pro sejauh ini masih di eclair loh (android 2.1) sedangkan skrg sudah banyak hp Android yang mengeluarkan Froyo dengan harga jauh lebih terjangkau, sebagai pertimbangan :)

      That’s it! Terima kasih sudah mampir Arina, semoga membantu dan bermanfaat :-)

  12. Saya dah download aplikasi whatsapp ma pingchat.
    Hmm. . Enk ceh. . Bsa d bwt chat ma pngguna bb. . .

    Oia mau tanya.
    Gmana cranya agar aplikasi tuh g jalan truz.
    Biar plsa g kesedot gt.

    Yg matikan APN”nya gt ia.

  13. Hallo Che :)
    caranya biar aplikasi ga jalan terus
    1. matiin aplikasinya :D, coba donlot di market ‘advanced Task killer’ ini berfungsi untuk mematikan semua aplikasi yang kita lupa menutupnya.

    2. buat aplikasi yg real time : semacam mail, facebook, twitter dll itu ada di pengaturan aplikasinya. misalnya kamu buka twitter via tweetdeck. disitu bisa kamu atur mo pilih tweetdecknya sinkronisasi secara otomatis atau tidak. pilih yg tidak otomatis

    3. Kamu pake pulsa apa? kalau kamu pakai android sebaiknya pakai pulsa unlimited saja, biar kamu bisa menggunakan androidnya maksimal. Kalau pakai pulsa biasa (yg tidak unlimited) memang cenderung boros :(

    yang terakhir sih matiin ‘Lalu Lintas Data’ nya (lihat di setelan samsung galaxy mininya deh), jadi jaringan internetnya mati.
    kalau mau maen inet baru di hidupkan lagi, tapi jadinya pingchat sama whatsapp kamu ga bisa real time online deh,..

    silakan dipilih mo cara yg mana :)

  14. mbak mau nanya nich,aku kan pake SE Xperia X8,tu tiap buka internet mahal banget ya?gila pulsaku cepet abiz,tu hp setingnya gimana ya biar interneten murah

  15. mba saya pake hp soner x8, awal banget saya kagett pas tauu bisa sehari bisa habisin pulsa ampe 10rb sehari…terus saya pake paket 2orb 35 mb untuk sebulan, tp baru 2 hari ternyata sama aja habis + ludess. antisipasi yah on off aja.
    ada beberapa pertanyaan saya
    1. pake kartu apa unlimited yg murah..Klo pake yg 100rb ( sama donk kyk bb )?
    2. cara aktifasi 3 g gimana di hp soner x8? masih ga ngerti?

    • Hai Deda. Iya memang begitu. Android terkesan nyedot bgt pulsa kalau ga pake unlimited. Saya jawab ya (1) kartu 3 unlimited murah, yang 500mb cuma Rp.35 rb saja/bulan. Kenapa ga dicoba dulu? (2) karena saya ga pake X8, kamu bisa lempar pertanyaan ini di sini

      Semoga membantu ya:)

  16. Salam kenal mba,..

    terimakasih infonya, bermanfaat sekali.
    maklum ane nubie Anroiders..
    iya, sempet kaget kemarin baru isi pulsa, alih2 ganti operator biar malah ngirit, eeh lupa kalo ternyata ol trus. wal
    hasil pas mau sms uda ga bisa krn pulsa habis (-__-!)
    *sepertinya emang musti pake ygpaketan.unlimited ya?
    any recomended operator?

    warm regards,

    • Hai Fajr ^__^. Iya memang harus pake yang unlimited, jangan coba-coba pake yang enggak unlimited :) . Untuk recomended operator saya belum coba semua, jadi ga bisa kasih penilaian objektif nih. Cuma karena saya pemakai Kartu Halo Telkomsel, jadilah saya menggunakan unlimited halo, yang paling murah Rp.125.000,-belum termasuk pulsa nelefon, sms, dan abodemen *ceritanya gempor nih* akhirnya sudah semingguan ini saya pindah ke 3 unlimited 500mb Rp.35.000,-/bulan. So far so good, tapi saya masih menunggu dalam sebulan inilah gimana kondisi, situasi dan keadaan klo make 3. Rencananya gimanapun hasilnya nanti mo saya tulis juga di blog saya :)

      Semoga membantu ya :)

      • saya biasa pakai 3 Unlimited yang 1 Giga buat modem dirumah, 1 bulanan kuat tuh buat donlot youtube, maen game online, buka FB, YM, dll… kalo dibuat modem aja kuat gitu padahal kalo buka FB aja 1 halaman abis 100kb apalagi buat handphone yang akses datanya cuma 5-6kb per halaman…. dijamin turah turah….

      • Yup. Betul. Saya juga tadinya menggunakan Unlimited Halo lalu beralih ke Unlimited 3, Harga yang 1GB itu 50rb. Mudah-mudahan kedepannya makin banyak Operator mengeluarkan pulsa Unlimited yang terjangkau :)

  17. hai smua, wah forum yg okenya oke gile nih, begini aku mau tanya, kalau pakai android, kan spt yg dibhas diatas bnyk aplikasi yg menuntuk smbungan internet terus, nah ada nggak aplikasi yg buat ngatur misalnya yg dibuat realtime itu cm facebook, sm twitter aja, yg lain g usah nyambung ke internet, bisa nggak tuh? makasih jawabanya,

    • Halo mas Waskito, saya coba jawab berdasarkan pengalaman saya ya, maaf kalau jawabannya kurang ilmiah ^_^. Facebook dan Twitter memang real time, sedangkan aplikasi lainnya hanya bisa ditutup bisa menggunakan Aplikasi tambahan seperti Task Killer, atau ditutup secara manual. Tetapi ketika aplikasi ditutup bukan berarti aplikasi nya ‘tidak mikir’. Karena berdasarkan pengalaman saya, meskipun saya tidak membuka aplikasi yang bersangkutan, tetapi bila ada update software terbaru, akan ada notification untuk mengupgrade! jadi logikanya aplikasi-aplikasi tersebut masih mengirim dan menerima data meski dalam kondisi ditutup/tidak digunakan. Apakah Android dirancang untuk seperti itu? bisa jadi.

      Jadi jika ingin baterai dan pulsa hemat, memang lebih baik matikan lalu lintas datanya. Hal ini membuat Android tidak dapat mengirim dan menerima data baik yang dikirim secara terang-terangan maupun yang bergerak di balik layar.

      Jadi jawaban saya
      -ada tidak aplikasi untuk mengatur yang realtime cuma fb dan twitter? ga ada aplikasinya, tetapi anda bisa mengatur di pengaturan notifikasi facebooknya atau di twitternya masing-masing.-
      -kalau mau menutup aplikasi secara bersamaan pake aplikasi Task Killer
      -Tetapi ketika ditutup tidak menjamin si aplikasi BERHENTI melakukan lalu lintas data di balik layar.

      semoga membantu yak ^__^

  18. mbak, mau tanya ni, aq kan pakek kartu simpati freedom, trus ada layanan flash unlimited di *999#, 100 rb/30 hari, apakah saya bisa pakek layanan itu agar dapat mengguanakan aplikasi android tanpa harus was2 dengan pulsa yang membengkak????
    – trus ada lagi mbak, kemarin saya kan download opera versi 6 ke android saya (stlah itu pulsa saya tinggal dikit gara2 ndownload opera tadi), tapi anehnya pulsa saya uda tinggal 50 Rp dan saya juga g punya bonus tapi kok tetap bs di jalanin ya mbak tu opera…..takutnya nanti itu jadi pasca bayar lagi…itu knapaya mbak kok mash bs dijalanin….dan apa bisa pulsa kita jadi pascabayar….takutnya entar enak2 makek opera ada orang dateng kerumah suruh mbayar tu pemakaian opera lagi…..

    makasih mbak……^

    • Saya jawab yak.
      1. Namanya kan flash Unlimited. Iya, jadi agan bisa pake pulsa itu buat Android supaya tidak was-was. Jadi mau pake sebanyak apapun bayarnya tetap 100 rb/30 hari untuk internetnya saja.
      2. Pakai Opera Mini tapi masih bisa jalan karena pulsanya kan masih ada meskipun Rp.50, jadi wajar kalau masih bisa jalan.
      3. Ga gitu lah gan,.. Kalo Pasca bayar itu kan harus didaftarin dulu, nomornya juga beda dengan yang pra bayar, jadi ga bisa ujug-ujug. Dont worry, kalo Opera Mini nya masih jalan berarti Kapasitas yang opera jalankan itu masih bisa dicover sama pulsa agan. Jangan takut agan ^__^

      semoga membantu ^__^

  19. ,,,,k’ saya mau nanyak gimana cara’a make pkt unlimited untuk im3,,,
    saya binggung knp tiba tiba pulsa saya habiis padahal kemarin masih 25rb sekarang malah jadiie 450,,,
    tolong ya k’

  20. Hey mbak… makasih jawaban sebelumnya. aku ada satu pertanyaan lagi,… kalau mbak sendiri pakai apa providernya? sekarang aku pakai indosat im3. kalau mau ganti sayaaaaang banget, nah di im3 ada paket internet yang 50.000 dapat 500mb sebulan. paket gaul namanya. menurutmbak itu cukup nggak untuk android sebulan? makasih jawabannya sebelumnya

  21. mau nanya nih dmana penyetelan notifikasi fb dan tweeter saya supaya muncul layaknya di blackberry? saya sudah pake paketan im3…
    oya hp saya samsung galaxy mini

    mohon info ya,
    Warm Regards

  22. mb masih bingung dengan penggunaan pulsax..apakah paket internet android tu sama dengan paket internet yg digunakan modem GSM??
    contohx : pada modem GSM sy saat ini pake TelkomselFlash 125rb/bln Unlimited..mohon penjelasannya :D

    • Apakah paket internet Android sama dengan paket internet yang digunakan modem GSM? bisa jadi sama gan,…

      Tetapi yang untuk modem itu bisa dipake nelpon juga ga gan? Ada nomornya ga? kalo emang bisa dipake nelpon bisa juga berarti dipake di Android,….

      Atau agan sekarang pake kartu apa untuk hpnya? Kalo Telkomsel, kan bisa dipilih gan di *393#,.. mau pake unlimited yang mana,…

      Yang penting untuk Android cari yang kartunya begini gan:
      1. Agan bisa nelpon, sms
      2. Bisa pake internetan
      3. Paket internetannya yang unlimited biar ga gempor bayarnya

      Semoga membantu ya gan ^__^

      *harap maklum gan kalo bahasanya masih kebawa-bawa web sebelah :P*

  23. halo kak,
    aku udah baca komen” yg diatas, tp kok provider pulsanya yang dikasih tau cuma 3 & telkomsel??
    soalnya aku baru punya SG mini, tp pake pulsa biasa (borosbngt), nah, kan kartu aku im3 kak, ada info ga buat pengguna kartu im3 (penjelasannya jg) ??
    sebelumnya, makasih kak

  24. Hai Intan,.. makasih sudah mampir ya. Saya memang menulis tentang Telkomsel dan 3 karena saya sudah menggunakannya. Untuk Im3 saya belum coba,.. tetapi kamu memberi saya feedback buat mencobanya. Ditunggu postingannya ya ^__^

  25. malam semua…mau tanya….
    saya pake samsung galaxy GT-I5510 n simpati telkomsel
    waktu itu pulsa saya 50rb, lalu register *363# internet harian unlimited 5000. n dah ada confirm sms transaksi berhasil. kmudian saya enjoy aja main browsing, FB, YM , n coba main GPS. sampe malam. lalu iseng cek pulsa. tapi koq ternyata pulsa saya tinggal 500 perak.
    besoknya saya coba isi pulsa lagi, ternyata begitu lagi… cape’de’….
    saya heran… ini panya seeh yang salah…
    mohon pencerahannya dari master2 sekalian.
    trims.

  26. Hy k,..
    saya ra’,.. infona oke bngt dh…
    mo nanya ni k,saya kn nubie ni dlm mslh android…
    sy pke krt As srba 1000,biasanya kn sy pke hp C3,trus sy bru gnti pk android Galaxy mini,ko skrg plsa sy kesedot mulu yah??
    cara biar plsa sy g keambil terus mskipun intrnetnya ga sy pake gmna cranya? terus gmna cra dftar paket pulsa unlimited u/ pengguna kartu As? dan apakah paket itu udh trmasuk paket sms ?
    mksh kk sblumnya….

    dtnggu bngt info’ slnjtnya ttng android.. ^_^

  27. Agan2 semua,menurut pengalaman saya pengguna galaxy ace,kalau mw internet lebih baik pake paket unlimited,karena bisa dowload di market sepuasnya
    Nah kalo mw main game lebih baik jalur data dimatikan dulu caranya masuk ke pengaturan jaringan-jaringan seluler trus centang yg di packet data di hilangkan dulu
    Karena kalo gak meski qta pakek paket unlimited tetap terpotong pulsa karena di
    game2 tsb ada iklannya..nah iklan itu yg motong pulsa kita
    So matikan packet data kalo mau main games dijamin pulsa aman

  28. hai naia….? hai…all…..?
    klo pakek andro yang dual simcard.. kira” sim1 atoh sim2 yg defaultnya konek intrnet..? ato bisa dua-duanya ya..?

    • Hai Arade, hai,.. Setahu saya jika dual gsm maka kita bisa memilih terkoneksi dengan kartu yang mana: yang pertama atau yang kedua. Coba dilihat di setelan ponselnya :)

  29. Nadea, Samsung fit itu sama saja dengan hp lainnya. Pasti ada folder pengaturannya kan?

    Cari (pengaturan/settings) kemudian cari (pengaturan jaringan/network settings)

    Di situ cari ( lalu lintas data / use packet data) dengan kotak centang di sebelah kanannya.

    That’s it!

    Kalau dicentang kamu terhubung ke jaringan internet

    Kalau tidak dicentang sebaliknya.

    Ga ngaruh mo pake Gingerbread atau Honeycomb sekalipun, selalu ada pengaturan jaringan di tiap2 hp merk apapun.

    Ok? Semoga cukup jelas dan membantu ya ^^

  30. Sry numpang share, sy kan pake provider dr AS trs sy pake Samsung galaxy W, mw nanya nih mba apa paket unlimited flash bisa dipake d HP sy…??? trs apa dengan kuata flash unlimited yg 100 rb / 30 hari dengan kapasitas 500MB yang ditawarkan telkomsel cukup untuk pemakaian normal internetan di HP..???

  31. Mas. Hp ak se x10 mini pro. Ud d upgrade 2.1eclair. Yg mau ak tnya notifikasi fb g real time dn g ad sound ny. Pdhal setingan ny ud aktfn. Gmna dunk?

  32. Pingback: Dan ini [boleh] dinamakan kontemplasi « Naia's Shack

  33. android tnp koneksi internet sama jg boong… kaya sapi ompong ibarat bb tnp paket bb… sama jg kaya sapi ompong… sapa blg layanan paket internet reguler lbh mahal dr bb…. coba cek lg di bbrp operator… bnyk yg sdh menawarkan paket unlimited maupun limited dg kuota gede tp hrg terjangkau…. kecuali kalo anda pake operator yg mmg hny menyediakan paket internet yg mahal….hehe

  34. Saya setuju kalau sekarang sudah banyak pulsa unlimited yang terjangkau. Tapi ketika saya menulis post yang di atas, keadaan belum seperti sekarang, Android masih berada di versi Donut 1.6, dan Android belum sepopuler sekarang :)

  35. Saya make galaxy note. Saya bli paket telkomflash yg 1bln 100. Cma unduh 1 game sma social eh besonya sisa paketnya udah abis udah abis?? Kok bisa ? Gak kyak BB biarpun pake tiap detik paketnya abis sebulan

    • @ Mas Juno : Maka selamat datang di dunia Android! kalau anda tidak menggunakan pulsa unlimited bisa bangkrut .. hahahaha :) . Android dan BB memang berbeda. Pulsa BB mungkin lebih awet. Tapi anda tidak bisa main angry bird, main instagram, baca majalah detik, dll di BB…. [^_^]

  36. mba nanya doong…baru make experia mini pro,dan rada gaptek,wkwkwk….mo nanya gimana cara log out gmail-nya sih?uda nyari2 optionnya ko ga nemu2 yah?

    • Hai Neeta! Di SEX10mp kamu bisa merubahnya melalui [settings] cari [accounts and Sync] di sana terekam account2 apa saja yang harus terus di sinkronisasikan, termasuk account gmail kamu. kamu bisa pilih gmailnya, lalu delete. kemudian restart. setelah restart akan ditanya kembali alamat gmail kamu, silahkan input yang baru. Semoga membantu :)

  37. Nb: Email gmail pada Android tidak bisa di log out. Paling kamu hanya bisa menghentikan sinkronisasinya. Tapi kalau sinkronisasi berhenti, tiap kamu ingin mengunduh aplikasi di play, play akan meminta kamu memasukkan alamat gmail kamu. Gmail sangat krusial bagi Android; dalam arti lain android butuh gmail untuk beroperasi. Jadi melog out gmail akan membatasi gerak kamu di Android.

  38. pake kartu 3 aon Rp.0 rupiah aja bisa bbm an di android…gosip hoax banget ni. Memang sejak aplikasi BBM ada di android dan ios ponsel Android laris manis diserbu konsumen. Berbanding terbalik dengan ponsel Blackberry yang makin gak laku. Harga jualnyapun terjun bebas di pasaran, Wajar aja klo sales-sales Blackberry pada pusing dan bikin berita yang mengada-ada tanpa adanya bukti yang jelas
    Ini jawabannya :
    http://www.kaskus.co.id/thread/52788077f8ce170c69000003/meluruskan-bc-ga-jelas-soal-kekurangan-bbm-for-android/

Leave a Reply

