Hati-hati Penipuan Lowongan Pekerjaan Pertamina!!


‘Jadi Gimana Mbak?’ Ujar Raka, adik teman saya melalui telefon.

Raka melamar di Pertamina dua hari yang lalu. Kebetulan iklan lowongan pekerjaan tersebut terpampang di situs berniaga.com.

Raka kemudian ditelefon oleh seseorang yang mengaku HRD Pertamina, lalu mengajaknya interview lewat telefon.

Sampai batas ini, saya sudah menaruh curiga sebenarnya. namun saya tetap mendengarkan cerita Raka.

Keesokan hari setelah interview, Raka dikirimi email berupa pemanggilan test tertulis seperti ini :

 

FAKE!

Sampai akhirnya Raka ragu lalu menelefon saya dan meminta bantuan apakah panggilan ini benar sebelum dia  memutuskan  ke Jakarta.

yang membuat saya ragu akan panggilan ini adalah hal-hal sbb:

1. Interview dilakukan via telefon, which is not so Pertamina. Karena sejauh yang saya tau test pertama Pertamina adalah TEST TERTULIS dan bukan WAWANCARA. Meskipun bila memang wawancara, biasanya dilakukan secara face to face dan bukan via telefon

2. Jabatan yg akan dituju Supervisor Produksi (which Raka belum pernah punya pengalaman kerja di produksi sama sekali. Bagaimana dia bisa dipanggil untuk jabatan SUPERVISOR????)

3. Nomor telefon yang ada di header surat palsu (sudah saya cek dengan menelefon langsung Pertamina EP Jakarta-yang asli, of course)

4. Alamat E-mail pengiriman juga meragukan (seriously : ep_pertamina (at)ymail(dot)com ?????miskin bgt Pertamina sampe ga punya domain sendiri yaaaa?)

Saya lalu memberitahu Raka akan keraguan-keraguan saya; namun Raka masih ingin menunggu kabar selanjutnya.

Beberapa jam kemudian Raka ditelefon kembali, sang penelefon minta Raka untuk mengirimkan uang untuk pembelian tiket dengan dalih uang tersebut akan diganti setibanya di Jakarta.

Raka (yang sebelumnya pernah kerja di travel) mengerti tentang issued tiket, sehingga ia memilih untuk menunggu sang penelefon memesan tiket tersebut.

Orang tersebut kembali menelefon mengatakan tiket telah di booking DAN DIBAYAR. Orang tersebut memberikan nomor rekeningnya pada Raka.

Raka menelefon ke lion air, memastikan.

memang ada tiket atas nama Raka, namun statusnya belum issued.

tambahan lagi, sang teman Raka (yang masih bekerja di travel) mengatakan sudah banyak modus operandi penipuan serupa dimana setelah kita mengirimkan uang ke rek orang tersebut, tiket tersebut hangus dengan sendirinya karena tiket HANYA DIBOOKING DAN BUKAN ISSUED/telah dibayar.

—————————

Jadi berhati-hatilah bagi teman-teman yang sedang mencari pekerjaan; kalau melihat lowongan pekerjaan dilihat dulu apakah benar dari perusahaan yang bersangkutan ataukah tidak.

Kalau perlu ricek lagi ke situs resmi perusahaan yang bersangkutan, apakah memang sedang membutuhkan. Biasanya ada kog di bagian karir, ok?

Semoga para pelamar juga seperti Raka, jika ragu sebaiknya tanya-tanya ke orang yang sekiranya tahu, atau TELFON PERUSAHAANNYA SEKALIAN! Cari tau darimana telfonnya? DARI SITUS RESMI PERUSAHAAN TERSEBUT!

 

deal? 😉

 

 

6 thoughts on “Hati-hati Penipuan Lowongan Pekerjaan Pertamina!!

  1. Whwey baru tau gw MO kaya gini, sadis bener–ambil keuntungan dari harapan orang yang butuh kerjaan. Itu perampokan saudara-saudara hihihi..

  2. Yang bikin heran ‘usaha banget’ nya it loh. Usaha banget kog dalam keburukan ya.. usaha menuju kebaikan aja coba…. *mendadak Mario Teguh* 😀

  3. Wah syukur kamu mau browsing2 dulu, hehe. Saya juga menerima BBM & SMS serupa sih dari berbagai orang. Lowongan Pertamina, katanya. Saya cek lagi ke websitenya, ternyata untuk fresh graduate Posisi BPA (untuk yang D3) dan BPS 2013 (untuk S1) sudah ditutup tanggal 28 Februari kemarin. Hati-hati ya, percaya website resmi kayagnya lebih aman daripada sms, BBM atau pengumuman dari website yang tidak terpercaya. Terima kasih sudah membaca 🙂

Leave a comment